5 Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia

Jumlah penduduk di suatu negara pasti akan terus berubah. Ada negara dengan populasi terbesar di dunia, tetapi ada juga negara dengan populasi lebih kecil. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk setiap negara, antara lain; Kelahiran, kematian dan migrasi. Ketiganya saling berhubungan dan menimbulkan dinamika kependudukan dalam suatu wilayah. Pada tahun 2020  Worldmaters dilaporkan adalah negara terpadat di duniaCina Daftar tujuh negara terpadat di dunia adalah sebagai berikut:

Tiongkok

Negara pertama dengan jumlah penduduk terbesar adalah Cina. Negeri tirai bambu ini berpenduduk sekitar 1,4 miliar. Di negeri ini banyak sekali suku bangsa yang mendiami tanah tersebut. Setidaknya ada 56 kelompok etnis yang diakui, dengan mayoritas etnis Han yang dominan dengan  populasi hampir 93. Sementara itu, penduduk Han juga sangat heterogen dan dipandang sebagai kumpulan kelompok etnis yang berbeda yang memiliki budaya dan bahasa yang sama.

India

Populasi terbesar kedua di dunia adalah India. Negara ini berpenduduk sekitar 1,38 miliar. Jumlah ini setara dengan 17,7 juta dari total populasi dunia. Orang-orang India tinggal di 28 negara bagian, enam wilayah persatuan dan wilayah ibu kota. India Mayoritas penduduk India beragama Hindu.Negara ini memiliki hierarki sosial yang relatif ketat. Sejak kecil, anak-anak di Indonesia telah diajarkan tentang peran dan kedudukannya dalam masyarakat. Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan pada dewa dan roh, yang dianggap penting dan tidak terpisahkan dalam  masyarakat India.

Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara terpadat ketiga di dunia. Pada tahun 2020, penduduk Amerika Serikat mencapai 331,9 juta jiwa. Amerika Serikat adalah republik federal konstitusional  yang terdiri dari 50 negara bagian dan satu distrik federal. Itu milik kelompok negara terbesar. di dunia Negara ini memiliki luas  sekitar 9,8 juta km2.Negara ini merupakan negara maju dengan sumber daya alam yang melimpah mulai dari emas, batu bara, minyak hingga tanah yang luas dan subur. Negara ini juga memiliki sumber daya manusia yang unggul. Jadi Anda bisa mengelola aset Anda sendiri. Di dunia internasional, Amerika Serikat memegang banyak fungsi dan posisi  strategis.

Indonesia

Negara dengan jumlah penduduk terbesar berikutnya adalah Indonesia. Menurut laporan Worldmaters, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020 adalah 274,9 juta. Kementerian Dalam Negeri RI menyatakan bahwa Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar pada tahun 2021. Suku bangsa yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara hukum, status kewarganegaraan  diatur dalam UU No. 12 Tahun 2006.Seseorang yang menjadi warga negara Indonesia diberikan Kartu Tanda Penduduk berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang telah terdaftar di wilayah administrasi tertentu. Status kewarganegaraan ini dapat diperoleh melalui kelahiran, adopsi, perkawinan atau kewarganegaraan.

Pakistan

Pakistan adalah negara terpadat kelima di dunia. Populasi Pakistan pada tahun 2020 adalah 222,9 juta. Negara ini terletak di Asia Selatan dan berbatasan langsung dengan  Afghanistan, Iran, India dan China. Penduduk Pakistan didominasi oleh empat suku bangsa yaitu Punjab, Pashtun, Sindh dan Baloch.Suku terbesar yang mendiami negara ini adalah Punjab dengan jumlah penduduk sekitar 78 juta jiwa.Mayoritas penduduk Pakistan memeluk Islam. Hal ini menjadikan Pakistan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar kedua setelah Indonesia. Selain Islam, agama lain yang dianut masyarakat Pakistan antara lain Kristen, Hindu, Buddha, Jainisme, Zoroastrianisme, dan Bahá’í.

Nah itulah negara dengan penduduk terbanyak didunia.