Daftar Nama Polisi Teladan di Indonesia

Polisi sekarang ini memang sedang sangat di sorot oleh para masyarakat. Beberapa jenderal dan juga perwira menengah di jerat oleh kasus korupsi. Hampir tidak ada anggota kepolisian yang memberikan teladan untuk antikorupsi seperti yang terjadi di masa lalu.

Polisi saat ini juga sudah sangat sering melakukan kekerasa kepada masyarakat. Komisi untuk orang hilang serta korban tindak kekerasan atau kontras menilai setidaknya ada 40 kasus kesewenang – wenangan oleh polisi selama satu tahun terakhir.

Polisi seringkali memakai kekerasan saat sedang memeriksa tersangka. Sekarang, juga tak gampang mencari polisi yang menegakkan hukum serta memberikan contoh bagaimana cara mengayomi masyarakat. Sulit juga untuk mencari teladan antikorupsi pada korps Bhayangkara tersebut. Itulah kenapa polisi teladan jadi barang langka.

Tapi, ada loh beberapa polisi yang sangat teladan sejak dulu. Siapa saja? yuk simak di bawah ini.

1.Komisaris Jenderal Mohammad Jasin

Komisaris Jenderal Mohammad Jasin lebih di kenal dengan nama Bapak Korps Brigade Mobil Indonesia. Selain di kenal sebagai polisi yang gagah berani, jasin juga terkenal sangat jujur. Pada penghujung tahun 1945, ia di berikan tugas oleh Jenderal Soedirman untuk menumpas gerombolan Mayor Sabarudin di Surabaya.

Sabarudin tersebut sebetulnya merupakan seorang komandan polisi militer, tetapi kelakuannya seperti kepala perampok. Tidak ada tentara yang berani menangkap dirinya. Karena itulah jenderal Soedirman menugaskan Inspektur Jasin Komansan P3 atau Pasukan Polisi Perjuangan.

Saat sedang menggerebek Sabarudin di markasnya, Jasin menemukan 4 besek perhiasan berlian serta emas namun ia tak terpengaruh sama sekali. Ia malah menyerahkan semua harta benda tersebut kepada atasannya.

2.Jenderal Hoegeng

Jenderal Hoegeng merupakan seorang Kapolri semenjak 9 Mei 1968 sampai dengan 2 Oktober 1971. Sepanjang sejarah yang ada, ia merupakan seorang polisi yang paling terkenal berkat kejujurannya. Ia menolak semua bentuk hadiah dan juga suap.

Saat menjabat sebagai kepala reserse di Medan, ia melemparkan semua perabot mewah yang di berikan oleh raja judi Medan. Ia juga membongkar praktik penyelundupan yang ternyata banyak di bekingi oleh anggota polisi hingga TNI.

Ia juga tak takut untuk turun tangan langsung dalam mengatur lalu lintas. Ia selalu berada di paling depan untuk urusan pemberantasan korupsi. Bisnis bunga istrinya juga di mintanya untuk tutup. Ia takut para pengusaha mencoba mendekati dirinya lewat bisnis tersebut.

3.Brigjen Polisi Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa

Kaharoeddin Dt Rangkayo Basa adalah seorang perwira polisi pertama di republic ini yang di angkat menjadi seorang gubernur sekaligus juga sebagai putra Minangkabau pertama yang meraih pangkat jenderal polisi.

Untuk kejujurannya tak perlu di ragukan lagi. Ia memang selalu menolak pemberian yang di luar gajinya. Bahkan sampai akhir hayatnya pun, ia tidak memiliki rumah pribadi. Padahal di tahun 1958 ia di berikan tanggung jawab untuk memegang uang operasional seluruh polisi di Sumatera.

Uang yang sekarang mungkin nilainya puluhan miliar tersebut di serahkan lagi ke Negara sesudah pemberontakan PRRI Sumatera kelar. Ia juga mengharamkan keluarganya memakai fasilitas atau mobil dinas. Ia juga bahkan gak mau naik haji saat tahu akan di ongkosi oleh kapolri.

Itulah beberapa nama polisi yang paling terkenal karena keteladanannya sepanjang masa. Sayangnya, orang – orang jujur dan berdedikasi tinggi seperti ini sangat jarang ada di Indonesia. Namun semoga Indonesia bisa makin maju dan masyarakatnya bisa mencontoh perbuatan orang – orang di atas, terutama polisi. Semoga bermanfaat.