3 Kepolisian Terbaik di Dunia, Indonesia Ada Gak Ya?

Institusi kepolisian Indonesia memang belakangan ini sedang di sorot oleh para masyarakat. Masalah ini sendiri berawal dari dugaan pemerkosaan 3 anak di Luwu Timur oleh ayahnya sendiri, namun penanganan kasus ini oleh polisi membuat warganet geram.

Tagar Percuma Lapor Polisi pun langsung ramai di media sosial serta banyak yang membagikan pengalaman pribadi mereka yang mengecewakan saat berurusan dengan polisi. Institut penegak hukum yang satu ini memang punya tanggung jawab atas keamanan masyarakat dan bertugas mengatasi dan mencegah kriminalitas.

Tetapi tidak semua kepolisian di dunia mengecewakan. Karena ada beberapa negara yang memang terbukti memiliki kepolisian yang bagus, lalu, kepolisian mana saja kah yang di maksud?

1.Singapura

Tetangga Indonesia yang satu ini adalah salah satu negara yang punya tingkat kejahatan paling rendah di dunia. Hanya 1% responsen yang mengaku sudah di serang atau di rampok pada tahun sebelumnya. Sedangkan sebnanyak 91% warganya juga merasa aman berjalan sendirian pada malam hari.

Rendahnya tingkat kejahatan ini pun sama dengan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada para polisi. Ada sebanyak 93% responden yang mengaku bahwa mereka percaya pada kepolisian setempat.

Namun sayangnya, tingkat pembayaran suap kepada polisi di negara ini adalah yang paling tinggi di antara negara lainnya yang masuk ke dalam jajaran 5 besar. Ada sebanyak 8% responden di Singapura yang ngaku kalau mereka sudah membayar suap kepada petugas polisi pada tahun sebelumnya.

2.Denmark

Ukuran kepolisian di Denmark adalah salah satu yang paling kecil di dunia dengan 192 petugas per 100 ribu orang. Tetapi, tingkat angkatan bersenjatanya relatif tinggi dengan 301 personel per 100 ribu penduduk. Tingkat korupsinya juga yang palinbg rendah di dunia.

Dari Indikator pengendalian Korupsi Bank Dunia tingkat korpusinya paling rendah sedangkan tingkat suapnya kepada polisi terendah ke 3 di dunia menurut Barometer Korupsi Global Transparansi Internasional.

Itulah kenapa, tak heran warga Denmar tak pernah takut untuk melaporkan pencurian ke polisi sehingga tingkat kasus yang taqk di laporkan jadi yang paling rendah ke 3 di dunia. Apalagi, kmiliter dan polisi di negara ini juga jadi yang paling kecil kemungkinannya untuk menyalahgunakan posisi publik mereka demi keuntungan pribadi saja.

3.Finlandia

Tingkat korupsi kepolisian di negara Nordik ini merupakan yang paling rendah ke 5. Sedangkan untuk skor indikator efektivitasnya menjadi yang paling baik, tingkat pembayaran suap ke polisi juga menjadi yang terendah ke 3 serta tingkat kasus yang tak di laporkan adalah yang terendah ke 5.

Tidak heran, warga negara ataupun para pakar jadi sangat percaya dengan polisi Finlandia. Ada sebanyak 85% responden Finlandia yang mengaku bahwa mereka percaya kepada polisi yang ada di daerah mereka para polisi serta pejabat militer juga tidak pernah memanfaatkan jabatan publiknya demi mendapatkan keuntungan pribadi saja.

]tetapi, kapasitas penyedia keamanannya masih di bawah rata – rata karena ukuran kepolisiannya kecil. Hanya ada sekitar 140 petugas polisi per 100 ribu penduduk. Industri keamanan swastanya pun terbilang kecil walaupun militernya memiliki lebih banyak orang di bandingkan rata – rata indeks.

Itulah beberapa negara yang di ketahui dan di anggap punya kepolisian yang terbaik di dunia. Semoga Indonesia bisa belajar dari negara tersebut ya, terutama para polisi. Semoga bermanfaat.